Monday, July 23, 2012

Thomas si Sarjana Asix :)


Hari ini Thomas 6 bulan. Yeyy…senangnya, sudah berhasil memberikan asi eksklusif untuk Thomas. Bagi saya, ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dasar sebagai Ibu untuk memberikan yang terbaik untuk anak (cieee ..). Memberikan asi adalah proses belajar si Ibu dan si Bayi. Proses-nya berdarah – darah. Ini beneran, bukan kiasan. SI Ibu putting-nya lecet, karena belum bisa meletakkan bayi dalam posisi yang benar (pelekatan) selama menyusui. Si bayi juga belajar untuk menyusui dengan enak dan tepat, sehingga proses menyusui dapat berjalan lancar, dan nutrisi yang di dapat si bayi dari Asi juga optimal.

Ibu sudah mulai memproduksi Asi pada awal kehamilan. Salah satu tandanya adalah, payudara mulai mebesar, dan kadang-kadang disertai sedikiti nyeri. Sesaat setelah melahirkan, Asi sudah dapat langsung diberikan kepada bayi. Biasanya, untuk melangsang produksi Asi, si Bayi akan diletakkan di dada si Ibu, sambil mulutnya di dekatkan ke puting si iBu, supaya belajar menghisap. Pada saat ini, si Asi belum akan keluar, tapi ini adalah proses yang sangat penting, selain untuk belajar, juga katanya untuk medekatkan ikatan (bonding) antara Ibu dan Bayi.

Selama hari – hari awal setelah melahirkan, asi masih agak mampet, walaupun produksi Asi tetap berjalan. Oleh karena itu, biasanya payudara ibu akan bengkak, sehingga si Ibu akan merasa kurang nyaman. Tantangan paling besar untuk saya di fase ini. Payudara bengkak, putting lecet, bayi rewel karena tidak menyusu secara optimal. Tapi, tetaplah menyusui. Setelah beberapa hari berikutnya, produksi dan konsumsi asi sudah mulai seimbang, bayi dan ibu sudah mulai nyaman :-)
Thomas tumbuh sehat selama 6 bulan masa Asi eksklusif ini. Thomas juga nggak pernah sakit selama 6 bulan ini. Mungkin karena pemberian asi yang katanya kaya akan antibodi yang dapat membantu melindungi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Paling kalau sudah mau pilek, saya oleskan irisan bawang merah dan kayu putih di kepalanya, dan bener langsung sembuh.

Saya jadi makin percaya deh, yang dibilang para ahli dan orang tua, bahwa Asi adalah makanan terbaik untuk bayi. Jadi ayo, berikan Asi minimal 6 bulan untuk bayi kita bu - ibu..hehe.

Hari ini, Thomas lulus jadi sarjana AsiX. Terharu banget rasanya. Ternyata saya bisa, dan Thomas juga bisa !!!Happy 6 Months my lovely boy….tumbuh sehat terus ya….love u so much

No comments:

Post a Comment